fbpx

Host to Host : “Jembatan” yang Memudahkan Segala Transaksi

Sudah pernah dengar tentang sistem Host to Host (H2H) ?

Menurut Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Nomor 19/POJK.3/2014 yang dimaksud dengan Host to Host (H2H) adalah suatu sistem elektronik terenkripsi yang terhubung secara dua arah dan real time online diantara dua institusi yang melakukan kerjasama. Host to Host (H2H) merupakan sistem pada server yang menghubungkan antara satu server dengan server yang lainnya.

Host to Host (H2H) terjadi karena adanya sistem yang terhubung dalam sebuah jaringan komputer yang terjadi antar host, yaitu komputer dengan perangkat lain yang terhubung satu sama lain Host dapat berfungsi sebagai server yang menawarkan sumber informasi, layanan, dan aplikasi untuk pengguna atau host lain di dalam sebuah network atau jaringan.

Dalam implementasinya, sistem Host to Host (H2H) sudah banyak digunakan dalam dunia perbankan maupun sistem yang berhubungan dengan transaksi secara online. Hal ini dikarenakan layanan Host to Host (H2H) dapat mengintegrasikan Bank dengan berbagai vendor sehingga transaksi pembayaran yang dilakukan secara real time dapat diketahui dan direkonsiliasikan oleh vendor.  

Sebagai contoh implementasi H2H yang dapat kita temukan dalam kehidupan sehari-hari yaitu H2H pada server pulsa. Misal suatu agen pulsa mengambil saldo pulsa dari salah satu server pulsa. Server pulsa tersebut menggunakan sistem H2H dalam mendapatkan stok pulsa kepada provider tertentu. Dalam hal ini, H2H mengintegrasikan sistem dari provider dengan server pulsa, dengan agen pulsa sebagai user.

Tak hanya itu, terdapat banyak transaksi online lainnya yang dapat digunakan dengan teknologi Host to Host (H2H) seperti pembayaran PPOB, PLN, PDAM, BPJS, dan lain sebagainya. Dengan adanya Host to Host (H2H) ini maka akan memudahankan konsumen dalam melakukan pembayaran tagihan karena semakin banyaknya akses pembayaran yang tersedia.

Jika dilihat lebih jauh, terdapat banyak layanan perbankan yang memiliki kesempatan besar untuk mengembangkan teknologi dalam penerapannya, sehingga diperlukanlah teknologi Host to Host (H2H) yang berfungsi sebagai jembatan antara perbankan dengan berbagai vendor dalam melakukan berbagai integrasi. 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top